Powered By Blogger
www.skinpacks.com

June 23, 2012

Tips Memilih HP Murah Berkualitas


Di era teknologi modern ini fungsi sebuah handphone tak lagi ditujukan untuk urusan komunikasi semata. Anda dapat melakukan lebih dari sekedar berbicara – ponsel hari ini memungkinkan Anda untuk berkirim dan menerima pesan teks dan email, berselancar di Web, memutar musik dan video atau kegiatan lainnya yang berhubungan dengan olah data internet. Tak pelak lagi, fitur multimedia menjadi salah satu faktor penting bagi I3ers dalam memilih sebuah hp idaman yang layak dibeli.
Terlebih buat sobat I3ers yang hobi mengabadikan peristiwa-peristiwa penting lewat kamera ponsel ataupun getol mendengarkan musik, maka kemampuan multimedia yang mantap menjadi satu keharusan. Lantas apakah semua HP berfitur multimedia canggih selalu identik dengan harga mahal?
Hmm ternyata tidak juga asalkan hp tersebut mampu memenuhi kriteria-kriteria tertentu. Ini dia beberapa faktor yang perlu diketahui yang akan memandu I3ers untuk mendapatkan hp multimedia idaman, tetapi tentunya dengan harga yang pas di kantong.. ;-)

1. Cek Spesifikasi Kamera

Fitur pertama yang perlu diperhatikan I3ers yaitu sektor kamera. Sebuah ponsel dikatakan sebagai hp multimedia apabila sang hp dianugerahi spek (spesifikasi) kamera yang keren. Namun, tak selalu kamera yang beresolusi lebih baik akan menghasilkan gambar atau foto yang lebih baik pula.
Perhatikan fitur pelengkap yang ada seperti auto fokus (autofocus), lampu flash, efek, scene mode, face dan smile detection ataupun image stabilization. Adanya beberapa fitur tersebut akan membantu dalam meningkatkan kualitas hasil foto.
Dengan harga kurang dari sejuta, Samsung GT S5610 adalah salah satu hp pilihan karena memiliki kemampuan kamera diatas rata-rata yaitu 5 MP plus dilengkapi dengan autofocus, LED flash, white balance, 4x digital zoom dan image editor yang tergolong komplit. Serta tentunya sebuah kamera sekunder berjenis VGA.
S5610 hp murah kamera bagus

2. Cek Spesifikasi Audio dan Video Player

format audio video
Langkah kedua adalah melihat spesifikasi pada menu Audio / Video player. Pada menu audio, perhatikan format file apa saja yang dapat dimainkan oleh HP tersebut. Bermacam format audio yang ada antara lain amr, aac, mp3, ogg, wma, wav, m4A, dll. Serta adanya fitur sound effect atau equalizer. Juga perhatikan kualitas suara atau speaker yang dimiliki HP tersebut.
Selain pemutar audio, banyaknya format video player yang didukung juga menjadi faktor penting. Format video yang dapat dimainkan antara lain AVI, DivX, FLV, 3GP, M4V, MP4, MPEG, WMV. Semakin banyak file audio/video yang dapat dimainkan pada HP multimedia tersebut tentu saja kinerjanya makin mumpuni.

3. Tombol Dedicated Music Keys

Sebagai HP multimedia, khususnya bagi yang hobi mendengarkan musik, akan sangat membantu apabila telah tersedia “dedicated music keys” alias tombol-tombol yang terintegrasi pada badan ponsel sehingga memudahkan I3ers dalam memutar musik, menaik/turunkan volume atau melakukan fast/forward lagu yang sedang dimainkan. Tanpa harus masuk ke menu, I3ers cukup menekan tombol tersebut untuk melakukan tugas-tugas tersebut.
Salah satu HP musik yang dibekali dedicated music keys tersebut adalah Nokia X1-01.
dedicated music keys nokia x1-01

4. Fitur TV Analog

Tambahan satu fitur multimedia yang lumayan penting adalah pembenaman TV analog. Hampir sebagian besar HP lokal punya fitur satu ini, namun justru hal ini belum menjadi fitur wajib pada HP branded. Salah satu HP branded yang memiliki fitur ini adalah Samsung C3510 Genoa TV. Adanya TV analog cukup membantu sobat I3ers untuk membunuh rasa sepi di kala waktu senggang.
Samsung C3510 Genoa TV

5. Adanya Game-Game Menarik

Banyaknya format game yang dapat dimainkan tentu menjadi nilai tambah buat sang HP multimedia. Memang kenanyakan HP lokal hanya bisa memainkan game-game berbasis NES. Namun dengan semakin banyaknya HP Android murah dibawah sejutaan, game-game bergenre Android tentu saja dapat dimainkan. Tinggal I3ers memilih dengan teliti spesifikasi prosesor maupun grafisnya sehingga kemampuan game yang dapat dimainkan menjadi maksimal.

6. Perhatikan Memori Internal pada HP

Selanjutnya memori internal juga perlu jadi perhatian. Memang sih I3ers tetap dapat menambahkan micro sd atau T-Flash sebagai memori eksternal. Namun kalau internal HP sudah memiliki kapasitas memori yang memadai, I3ers dapat dengan leluasa menyimpan ratusan bahkan ribuan lagu, foto atau game. Jangan lupa lihat pula berapa besaran memori eksternal yang dapat ditambahkan. Apakah hanya dapat menampung micro SD berukuran 4, 8, 16 atau 32 GB.

7. Tersedia Banyak Aplikasi Hiburan

Terakhir, semakin banyak aplikasi hiburan yang ada dalam sebuah HP, makin mengukuhkan dirinya sebagai HP multimedia. Aplikasi disini dapat berupa aplikasi foto, video editor, pengenal suara atau multimedia player. Tentu saja HP berbasis Android unggul dari sisi ini karena keragaman aplikasi dan mudahnya mendownload aplikasi multimedia dari Google Play.
Jadi tak selamanya HP murah identik dengan fitur seadanya kan?
So, selamat berburu HP multimedia idaman yah :-) !

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More