Powered By Blogger
www.skinpacks.com

June 23, 2012

OS Blackberry 10




Dalam ajang Blackberry World 2012 yang diselenggarakan tanggal 1-3 Mei 2012 lalu di Orlando, Florida, RIM (Research in Motion) telah memamerkan sebuah prototipe untuk OS terbaru mereka yang diberi nama Blackberry 10 (BB10).
tampilan interface blackberry10
Pada konferensi tahunan tersebut, RIM memberikan perangkat prototipe Blackberry 10 – Blackberry Dev Alpha, secara gratis kepada semua developer (pengembang) yang menghadiri acara peluncuran tersebut. Tentu saja langkah yang diambil oleh RIM ini dilakukan untuk mengantisipasi perkembangan iOS milik Apple, Android milik Google ataupun Windows Phone milik Microsoft.
Perlu diketahui bahwa BlackBerry 10 Alpha Device bukanlah produk komersil dan bukan pula perangkat BlackBerry 10 yang sebenarnya.
Seperti yang I3ers lihat pada gambar disebelah, BlackBerry 10 Dev Alpha merupakan prototipe yang sengaja dibuat untuk keperluan uji aplikasi.
Meskipun OS Blackberry 10 yang sebenarnya belum dibenamkan ke dalam prototipe tersebut, namun BB Alpha Device telah dilengkapi dengan OS Playbook terkini versi modifikasi yang telah disesuaikan untuk perangkat telepon.
Perangkat ini akan memungkinkan para pengembang untuk menguji aplikasi yang sedang mereka bangun (BB10) dengan Blackberry toolsets.
Blackberry 10 ini memfokuskan penggunaan OS dari sisi aplikasi dan multi tasking. Juga beberapa perbaikan aspek dari sektor kamera maupun penonjolan aplikasi mobile yang kaya akan grafis.
Di bawah ini adalah video demo BB10 keluaran RIM, yang memamerkan bagaimana Blackberry 10 akan bekerja (setidaknya dalam teori).

Lantas apa saja fitur unggulan yang ada di Blackberry 10 ini? Yuk, kita intip sama-sama :-D

Layar Sentuh Halus

Meski tidak akan meninggalkan tombol fisik QWERTY, RIM juga memperkenalkan modus layar sentuh penuh untuk perangkat generasi baru seperti yang digunakan pada seri Monza, Monaco ataupun Orlando.
Hal ini mungkin fitur yang sama sekali baru bagi pengguna Blackberry yang terbiasa menggunakan keyboard fisik biasa. Tapi RIM menjanjikan hal positif tentang fungsi dan sifat kapasitif bagi penggunanya.
Sebuah tampilan antarmuka yang  baru artinya sebuah pendekatan baru untuk multitasking, sehingga memungkinkan pengguna untuk berpindah-pindah antar aplikasi dan menu dengan cara men-swipe (menggeser) untuk melihat aplikasi lain yang berjalan di background.
Sampai saat ini, iPhone dikatakan memiliki sentuhan tombol layar terbaik di pasar smartphone. Mari kita lihat bagaimana layar sentuh Blackberry akan membuat perbedaan bersama Blackberry 10.

Kemampuan Multitasking

Dalam video tersebut ditunjukkan bagaimana tampilan daftar kontak yang terdapat pada sistem operasi Blackberry 10 dan juga bagaimana pengguna dapat beralih dengan mudah dan cepat ketika ada panggilan telepon masuk dari dalam daftar kontak.
Dengan kemampuan seperti ini, pengguna BB yang ingin beralih aplikasi tidak harus kembali ke tampilan layar utama. Disini pengguna dapat langsung memilih dan melihat aplikasi yang sedang dijalankan.
Caranya cukup dengan menarik menu dan window yang ada pada samping layar. Pengguna dapat membuka inbox, isi pesan maupun lampirannya dalam bentuk PDF dalam satu halaman layar yang tertata rapi (lihat gambar bawah). Semuanya dapat ditarik sesuai keinginan pengguna dan perpindahan antar aplikasi pun berjalan dengan ‘smooth’ tanpa ada jeda.
multi tasking blackberry 10

Peningkatan Virtual Keyboard

keyboard virtual BB10
Fitur yang paling mengesankan dalam video demo BB10 adalah virtual keyboardnya. Mirip dengan fitur word suggestion yang terdapat pada perangkat iPhone dan Android, saat pengguna melakukan pengetikan kata pada keyboard virtual Blackberry 10 maka keyboard akan memprediksikan kata berikutnya.
Ketika Anda mulai menggunakan perangkat BB10, Bhardwaj, RIM’s Head of Software Portfolio, mengatakan perangkat lunak RIM akan memindai sejarah sebelumnya – melihat email Anda, IM, SMS, Twitter dan sebagainya untuk “memahami jenis kata yang digunakan”. Kosa kata ini kemudian dimasukkan ke ‘mesin prediksi kata’ yang nantinya akan digunakan pada saat memberikan prediksi kata terbaik atas apa yang akan Anda ketikkan.
Jika kata yang diprediksikan tersebut akan digunakan, pengguna hanya perlu menggesernya (swipe) dan menempatkannya keatas. Jika diimplementasikan dengan benar fitur ini akan membantu mempercepat penulisan SMS dan email pada perangkat layar sentuh smartphone.
“Para pengguna BlackBerry selalu sibuk,” kata Bhardwaj.
“Mereka harus mampu menyampaikan pesan dengan cepat.”
Dia mengatakan RIM telah bekerjasama dengan TouchType (perusahaan yang membuat perangkat lunak Keyboard SwiftKey untuk perangkat Android) untuk membantu meningkatkan kecerdasan virtual keyboard.

Fitur Kamera ”Timeline”

Salah satu fitur yang menarik dari Blackberry 10 adalah “timeline” pada aplikasi kameranya. Bhardwaj menunjukkan demo video dari fitur baru kamera yang akan mendarat di BB10. Sistem operasinya akan mencakup burst mode untuk menangkap rentetan foto – sebuah fitur yang telah hadir di beberapa ponsel Android, seperti pada HTC One Series dan Samsung Galaxy S3 – namun RIM menambahkan sebuah antarmuka editing yang rapi untuk memudahkan membuat sekelompok foto yang sempurna.
Seperti dilansir oleh Engadget, aplikasi ini dirancang untuk menangkap “momen ajaib” yang terlewatkan ketika pengguna tak cukup cepat dalam menekan tombol rana (shutter).
Pada versi sebelumnya tentunya pengguna akan pasrah apabila kamera gagal menghasilkan foto atau momen yang bagus. Namun dengan pengembangan software terbaru yang dilakukan pada Blackberry 10, pengguna tidak perlu menghapus foto ataupun mengambil ulang foto yang baru jika kamera menghasilkan foto yang kurang bagus.
Pengguna akan diberikan kesempatan untuk memutar ulang momen-momen tersebut lewat sebuah lensa “timeline” melalui cache kamera dan kemudian memilih gambar terbaik mana yang Anda inginkan – yang tertangkap di detik-detik berharga sesaat sebelum tombol shutter ditekan atau beberapa saat setelahnya. Misalnya, dalam kasus subjek yang difoto berkedip atau memperbaiki penampilan karena ekspresi wajah kurang ‘manis’  :p.
Sebelum kita menekan tombol shutter maka si kamera sudah mengambil gambar dan ‘merekam’ obyek yang akan kita foto. Tentunya ini merupakan sebuah inovasi menarik yang kita harapkan pada semua kamera smartphone.
Lihat video demo kamera BB10 Timeline berikut ini :

Kemampuan Wireless Streaming

Dan yang terakhir, video demo tersebut juga menunjukkan bagaimana hardware Blackberry 10 dapat digunakan dengan segera untuk menampilkan sebuah video streaming ke dalam tampilan layar TV besar.
Berkat video demo tersebut, kita tahu bahwa RIM berencana untuk menyajikan beberapa jenis kemampuan streaming nirkabel bagi pengguna BB10 ala Apple’s Airplay atau Samsung’s AllShare. Jadi Anda akan dapat mengirim video dan gambar langsung ke TV Anda, untuk melihatnya dalam ukuran layar lebar.
Sejauh ini, itu saja yang baru kita ketahui dan menurut Indra3SHS cukup mengesankan – tetapi hanya waktu yang akan menentukan apakah fitur-fitur baru yang ditawarkan BB10 sudah cukup baik untuk bersaing dengan kompetitor seperti Google, Apple dan Microsoft. Lihat saja nanti.
Apakah Anda senang dengan nuansa dan tampilan baru BB10? Beritahu kami mana yang menjadi fitur favorit Anda pada komentar di bawah.
Referensi: Rapidberry dan berbagai sumber lainnya

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More