Powered By Blogger
www.skinpacks.com

June 30, 2012

ISI DAN KEMASAN


Bu Mangun dari Klaten, sebuah kota kecil di Jawa Tengah sudah puluhan tahun memproduksi kripik paru sapi, rasanya gurih dan renyah sehingga sangat disukai bahkan dibeli orang untuk di jual lagi di kota-kota besar, termasuk Jakarta.
Kini Bu Mangun sudah digantikan anaknya dan semakin maju, jumlah karyawan semakin banyak sehingga sehari mampu memproduksi kripik paru sedikitnya satu setengah kwintal, bahkan selain kripik paru mereka juga memproduksi belut goreng.
Meskipun produk keluarga Bu Mangun banyak dikirim ke Jakarta, namun kita akan kesulitan kalau mencarinya di super market-super market berkelas, seperti Sogo misalnya. Selain produk tersebut tidak ada mereknya, juga supermarket-supermarket berkelas mengisyaratkan, salah satunya, kemasan yang menarik. Andaikan Bu Mangun memahami pelanggan Sogo, akan jadi lain ceritanya. Lain halnya kalau kita ke toko khusus makanan kecil, kita bisa menemukan kripik paru walaupun sudah diberi merek toko bersangkutan atau dalam wadah yang sudah rapi tanpa merek.
Ini cerita yang lain lagi. Keramik atau gerabah dari desa Kasongan, Yogyakarta, sekarang begitu dikenal orang, bahkan telah menjadi komoditi ekspor ke manca negara. Kasongan sendiri menjadi salah satu tujuan turis lokal maupun asing karena keramiknya. Padahal ketika saya masih kuliah di Yogyakarta kerajinan keramik dari Kasongan hanya dikenal oleh kalangan senirupa, baik para seniman maupun orang yang gemar seni keramik.
Saptohudoyo, seorang seniman Yogyakarta, adalah orang yang gigih memikirkan dan mengajarkan seniman-seniman Kasongan bagaimana memoles keramik Kasongan sehingga disukai oleh orang awam, pas dengan kebutuhan pasar. Saptohudoyo melihat potensi seni keramik Kasongan begitu bagus, hanya sayang finishingnya kurang pas sehingga penampilannya tidak bisa dinikmati banyak orang. Tapi setelah diupayakan perbaikan kini masyarakat seni Kasongan bisa hidup dari keramik, dan banyak orang asing bisa menikmatinya.
Selain mohon kekuatan Roh Kudus, dari kedua cerita nyata tersebut kita bisa belajar bagaimana seharusnya memfasilitasi perjumpaan manusia dengan Tuhan, sebagai core business gereja. Bu Mangun bisa begitu maju dan disukai orang karena kripik parunya berkualitas, gurih dan renyah meskipun tanpa merek atau kemasan yang bagus. Tetapi sayangnya produk yang bagus itu tidak bisa dinikmati oleh konsumen Sogo hanya karena tidak dikemas dengan menarik sehingga tidak ada di shelf Sogo. Demikian juga keramik Kasongan yang materi seninya pada dasarnya begitu bagus. Mungkin orang banyak tak akan pernah bisa menikmati seni Kasongan tanpa dipoles dan dikemas dengan baik. Kita musti menyesuaikan kemasan tanpa mengurangi kualitas produk itu sendiri.
Maka sebaiknya kita meniru apa yang sudah dilakukan oleh Saptohudoyo, yang dengan jeli melihat kualitas seni Kasongan yang begitu bagus lalu dengan kerja keras mempelajari kekurangan dan kelebihannya, membuat konsep perbaikan penampilan nya dan mengajarkannya kepada seluruh masyarakat seni Kasongan. Bahannya sama, corak seninya sama tetapi tehnik kemasannya lebih pas.
Kalau hal seperti ini kita lakukan, saya yakin banyak orang akan setia menikmati persekutuan kita dan merasakan perjumpaan dengan Tuhan. Karena bukan hanya isi yang bagus tetapi kemasanyapun pas dengan kebutuhan orang, sehingga orang suka menghampiri, membeli dan yang penting menikmati isinya. 

2 comments:

  1. Wοah! I'm really enjoying the template/theme of this site. It's sіmple, yet effective.
    A lot of times it's hard to get that "perfect balance" between user friendliness and visual appeal. I must say you have done a awesome job with this. Additionally, the blog loads extremely quick for me on Internet explorer. Excellent Blog!

    my web site; phentermine 37.5mg
    Feel free to visit my blog :: phentermine,phentermine diet pills,http://www.phentermine-diet-pills.com/,Phentermine|phentermine 37.5 mg,phentermine 37.5mg,phentermine 37.5,phentermine 37 5mg,phentermine online,buy phentermine online,phentermine online

    ReplyDelete
  2. Your oωn articlе has confiгmed hеlpful tо me.

    It’s vеry infoгmаtive and you're simply naturally quite educated in this field. You have opened our eyes to be able to different opinion of this specific subject using intriquing, notable and strong written content.

    my site - oxycontin
    My blog post ; buy oxycontin

    ReplyDelete

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More