Powered By Blogger
www.skinpacks.com

July 20, 2012

Smartfren Andro – Browsing Gesit, Fitur Komplit


Bukan sekedar smartphone Android Gingerbread biasa, Smartfren Andro yang diproduksi oleh vendor asal Cina dengan nama asli Hisense HS-E910 ini mampu menyuguhkan akses data yang cepat dan kinerja yang bisa dibilang cukup wah. Smartfren sebagai salah satu operator berbasis jaringan CDMA sekaligus salah satu raksasa penyelenggara layanan data, memilih smartphone Andro ini untuk mendukung bisnis utamanya di lini smartphone. Bermodal prosesor 1GHz, 512 MB RAM, sistem operasi Android 2.3 Gingerbread (dapat di-upgrade ke Android 4.0), dan dukungan EVDO Rev A, smartphone satu ini cukup kuat dan layak diwaspadai brand-brand ternama.

Desain

Kesan pertama ketika melihat ponsel yang dirilis Smartfren ini adalah desainnya yang bagus dengan finishing yang baik. Tak kalah jika dibandingkan dengan merek ternama walaupun produsennya yaitu Hisense, merek asal China yang belum terlalu populer. Desain yang elegan dan modern membuat handphone dari Smartfren ini tidak terkesan murahan dengan casing berbahan plastik kesat pada bagian belakang dan metalik di bagian sekeliling.
Dengan dimensi 125,5 x 64 x 10,8 mm, ponsel berbentuk bar touchscreen ini terasa cukup nyaman di genggaman tangan. Memiliki layar sentuh berukuran 4 inci dengan resolusi layar 480×800 piksel membuat tampilan Smartfren Andro terasa lebih lapang dan jernih. Untuk ukuran pemain baru, kualitasnya patut diacungi jempol. Apalagi sudah menyertakan teknologi IPS yang membuat tampilan layar tetap bagus dilihat dari berbagai sisi. Terlebih lagi, layar displaynya juga sudah mendukung multitouch. Auto rotate layarnya terbilang cukup responsif.

Fitur

Segi konektivitas, Andro menyediakan slot MicrosSD hingga 32GB, MicroUSB, jack audio 3,5mm, bluetooth, serta CDMA dan Wi-Fi untuk koneksi internet. Salah satu kelebihan Smartfren Andro ini adalah, ponsel ini bisa dijadikan sebagai modem dengan kecepatan akses data hingga 3.1 Mbps. Untuk menghubungkannya dengan PC/Laptop, bisa menggunakan kabel USB, Bluetooh 3.0.
Smartfren Andro tampaknya ingin menjadi perangkat hiburan portabel bagi penggunanya. Di dalamnya dibenamkan aplikasi Smartfren Mobile Streaming yakni aplikasi untuk melihat siaran TV streaming. Selain TV streaming, aplikasi YouTube juga sudah tersedia di sini. Bagaimana kualitas tayangannya? Boleh dibilang tidak mengecewakan. Dengan dukungan akses internet jaringan EVDO Rev A, tayangan tidak putus-putus. Sayangnya untuk TV streaming, pilihan channelnya masih terbatas. Ada empat stasiun TV digital yang sudah dimasukkan, yaitu BBC World News, Indosiar, SCTV dan Vision 1 Sports. Kemudian untuk Radio Internet ada Active Radio.us, juga Khan Academy yang menyediakan materi video streaming pendidikan. Namun, tarif untuk menonton video streamingnya relatif mahal, yakni Rp5/detik. Jadi misalnya, Anda menonton acara TV berdurasi 1 jam, maka biaya yang akan dipangkas kurang lebih sebesar Rp 18 ribu.
Andro telah dibekali dengan kamera 3 MP tanpa LED flash. Dibanding GSM, kualitas koneksi di jalur CDMA relatif lebih bagus meski tergantung dengan area cakupan. Seri ini sudah mendukung teknologi EVDO Rev.A yang bisa mengantarkan kecepatan unduh hingga 3,1 Mbps. Selain itu, fitur koneksi melalui Wi-Fi sudah tersedia disini sebagai alternatif koneksi internet non simcard.
Anda bisa mengunduh lagu digital dan legal langsung dari Andro berkat ketersediaan layanan Smartfren Musik. Daftar lagu-lagu yang siap unduh terdapat di menu Online Catalogue. Selain itu, Smartfren juga terbilang inovatif lantaran menyediakan fasilitas Customer Information. Disini, Anda bisa mengakses berbagai hal seputar kartu yang digunakan. Diantaranya adalah informasi status keaktifan, sisa pulsa, bonus, paket yang sedang digunakan, riwayat pembayaran, bonus, bahkan kemampuan isi ulang pulsa (top up).

Kinerja

Pilihan spesifikasi yang bagus, membuat kinerjanya gesit untuk menjalankan berbagai aplikasi. Untuk layanan mobile streaming tidak dirasakan adanya buffering, tetapi tampilan gambar standar, tidak tajam dan terlalu jelas. Dikarenakan minusnya kehadiran lampu flash, maka fitur kamera Andro hanya optimal jika pencahayaan mencukupi atau berada di luar ruangan.
Bicara akses internet, kecepatan unduh ataupun unggah, browsing, akses jejaring sosial, dan YouTube berlangsung lancar. Untuk mendukung aktivitas sehari-hari, Andro diperkuat dengan baterai Li-ion berkapasitas 1630 mAh yang secara teori mampu bertahan selama 60 jam dalam kondisi siaga dan 180 menit (3 jam) waktu bicara. Bagi yang memiliki budget di bawah Rp1,5 juta dan ingin memiliki smartphone berkualitas, ponsel ini boleh masuk dalam daftar rekomendasi.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More