Powered By Blogger
www.skinpacks.com

July 20, 2012

Senseye – Teknologi Lirikan Mata


I3ers pecinta gadget, jika selama ini kita menggunakan ponsel mulai dari tombol qwerty hingga touch screen, maka sebentar lagi akan hadir ponsel dengan teknologi lirikan (gerakan) mata.
Teknologi yang memungkinkan ponsel dikendalikan hanya dengan tatapan dan lirikan mata itu dinamai SENSEYE. Ponsel tersebut menggabungkan kamera dan LED inframerah untuk melacak gerakan mata. Saat tak ada yang menatap layar, maka layar ponsel akan redup otomatis. Begitupun saat Anda membaca teks panjang, ponsel akan otomatis menggerakkan layar (scroll).
Perangkat keras ini memadukan penggunaan kamera kecil yang berfungsi untuk melacak aktivitas dari pupil pada mata pengguna dan mengaksesnya pada perangkat pengguna. Kemungkinan besar proyek pengembangan teknologi kedipan mata untuk mengendalikan smartphone ini akan dimulai pada 2013 mendatang. Demikian seperti dikutip PC Advisor, Senin (5/12/2011).
Teknologi yang cukup bisa diandalkan itu ditambah dengan penggunaan password untuk membuka kunci ponsel. Tidak hanya itu, dalam demonya, Senseye bisa dipakai untuk bermain game.
senseyeLebih uniknya, tim pengembang Senseye mengatakan hanya butuh biaya 5 dollar AS untuk kamera dan LED-nya. Untuk sekarang ini ponsel canggih tersebut baru muncul dalam bentukproof of concept yang berukuran cukup besar dan menempatkan ponsel di dalam sebuah ‘balok’.
Bagi developer yang mau mencoba membuat aplikasi dengan pemanfaatan teknologi Senseye, pengembang akan membuat unit awal seharga 99 dollar AS di tahun 2012. Baru pada Juni 2013 nanti teknologi tersebut akan tersedia di perangkat ponsel komersial. Tentang produsen mana yang menggunakannya, mereka tidak mau menyebutkan.
Kecanggihan Senseye yang lainnya adalah bisa dimanfaatkan sebagai alat untuk pemasang iklan. Apakah iklan dilihat oleh pengguna dan seberapa lama, bisa diketahui lewat alat ini.
Teknologi Senseye sejauh ini berjalan di atas sistem operasi Android. Apakah akan tersedia juga di perangkat lain, belum disebutkan. Yang pasti ponsel tersebut sudah siap untuk diproduksi massal.
Bagaimana pendapat Anda, I3ers? Apakah cukup efektif jika kita menggunakan ponsel secanggih itu? Hmm.. tak sabar rasanya melihat teknologi ini hadir pada ponsel cerdas mendatang. Sembari menantikan informasi lebih lanjut.. Silahkan I3ers melihat demonya melalui video di bawah ini ;)
Referensi: Cindy

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More