Powered By Blogger
www.skinpacks.com

July 20, 2012

Sensasi LG Prada 3.0


LG sebagai produsen elektronik dan Prada sebagai ikon mahakarya kulit dunia telah berkolaborasi untuk ketiga kalinya semenjak mereka mengikrarkan kerjasama di tahun 2007 lalu membesut sebuah ponsel fashion yang menyasar penggemar produk Prada dari seluruh dunia. Tahun 2008, kerjasama ini berlanjut kembali dengan merilis Prada II. Dan kini setelah 4 tahun vakum, LG dan Prada kembali berkolaborasi memperbarui jajaran produknya dengan memperkenalkan Prada 3.0, yang sejauh ini kelihatannya menjadi yang terbaik mengingat hasil besutan kali ini memang terlihat cukup bagus.
Apakah ini sekedar soal membeli label, atau memang ada sesuatu yang cerdas terjadi pada ponsel Prada? Akankah ponsel Prada sekuel ketiga kali ini akan menjadi salah satu smartphone terbesar bagi LG Android? Lantas apa saja keistimewaan dari Prada 3.0 ini? Ayo simak ulasan Indra3SHS kali ini..
Prada phone by LG 3.0
Desain
Mungkin hal paling mengejutkan dari ponsel LG Prada terbaru ini yaitu bahwa ponsel ini jauh dari kesan elegan dan tidak terlihat vulgar seperti handset dari beberapa orang kaya yang telah ada sebelumnya. Tidak ada kristal Swarovski yang menyelimuti ponsel ini, tidak ada lapisan emas di seputar lis, yang ada hanyalah sebuah handset yang dirancang dengan baik dan stylish.
Jika kita harus membandingkannya dengan ponsel lain, dapat dikatakan ponsel ini terlihat dan terasa sangat mirip dengan Samsung Galaxy S II. Sedikit lebih berat, mungkin, tapi desain tipis dan plastik berkualitas tinggi yang digunakan membuat smartphne bernuansa klasik ini seperti saingan nyata bagi ponsel Samsung.
Prada phone saffianoLG Prada 3.0 menyuguhkan desain candy bar full touchscreen dengan sisi kiri dan kanan bodi melengkung. Berbobot 138 gram dan berbahan dasar plastik dengan ketebalan 8,5 mm, Prada 3.0 terasa pas dalam genggaman serta layak untuk masuk ke saku.
Beralih ke bagian belakang, LG menyuguhkan casing belakang dengan pola kulit Saffiano – tekstur pada bahan kulit yang jadi ciri khas Prada. Hanya saja, LG tidak menggunakan bahan kulit eksklusif buatan Prada, tetapi justru memilih menggunakan bahan plastik pada case belakang. Alhasil, kesan mewah dan elegan dari ponsel ini menjadi kurang maksimal. Untungnya, warna hitam cukup membantu mengangkat kesan klasik dan elegan. Sejauh ini tampaknya LG tak menyiapkan pilihan warna lain untuk Prada 3.0.
Sebagai penyandang nama Prada, tentu saja ada tulisan Prada di label atas layar sentuh dan diukir di bagian belakang ponsel.
Layar sentuh kapasitif 4.3 inci menyatu dengan panel sentuh yang menjajarkan Menu, Home, Back dan Search. Display NOVA menampilkan kualitas gambar yang jernih dan tajam, serta relatif tak silau di bawah terik matahari.
Kamera 1.3MP di kiri atas layar sentuh melengkapi kamera utama 8 MP di belakang bodi. Kamera utama dilengkapi flash LED built-in. Pada bagian atas bodi, terdapat dua buah tombol logam bulat kecil berfungsi sebagai tombol kamera dan power serta dua buah port masing-masing port microUSB dan audio 3,5 mm. Letak tombol kamera berada antara jack audio dan port USB mikro. Sedangkan tombol power terletak di sebelah ujung sejajar dengan port USB mikro – tombol kamera – jack 3.5mm.
Speaker ekstra berada di belakang bodi, dekat label LG. Sementara pengaturan volume dapat dilakukan dengan menekan tombol volume (2-key) pada bagian sisi kiri bodi. Sementara slot microSD yang dapat menampung hingga 32G tersembunyi di balik case belakang. Mulut slot ini tak terganjal batere, tapi tetap tak disarankan cabut-pasang microSD tanpa mematikan handset.
Aksesori Prada
LG dan Prada menyiapkan dock station SDT-600 dan headset Bluetooth HBM-906 sebagai pelengkap. Beruntung bagi pembeli pre-order yang mendapatkan aksesori ini dalam paket pembelian. Mengapa? Karena aksesori yang juga dilabeli “Prada” itu normalnya dijual terpisah dari paket handsetnya, dan kabarnya harga masing-masing aksesori ini sekitar 2 juta rupiah. Jadi, pembeli pre-order dapat bonus aksesori dengan nilai yang cukup lumayan!
Aksesoris LG Prada 3.0
User Interface dan OS
Berbekal sistem operasi Android Gingerbread 2.3.7, Prada 3.0 menyajikan antarmuka yang memang didesain khas untuk Prada Phone. Terdapat 7 buah homescreen yang dapat Anda tambahkan dengan aneka widget, bookmark ke situs favorit atau akses pintas ke aplikasi.
Prada phone by LG Prada phone LG
Yang langsung menarik perhatian adalah nuansa hitam-putih pada tampilan home screen sampai menu. Masuk ke menu, Anda akan disambut dengan halaman menu yang terbagi dalam tiga kategori yaitu Aplikasi, Google Service dan Download. Meski sudah menggunakan layar IPS dengan teknologi Nova Plus yang menawarkan kecerahan dua kali lipat dari layar sejenis, namun jajaran ikon berwarna putih justru menyuguhkan kesan goresan kapur diatas papan tulis yang miskin grafis.
Home selector dipakai untuk menetapkan salah satu home screen sebagai default. Lalu ada Car Home dan Desk home. ini adalah home screen yang didesain untuk kebutuhan khusus. Misalnya Car Home, bisa diaktifkan ketika smartphone ini sedang terpajang di dashboard mobil.
LG membenamkan Remote Call dan SmartWorld disini. Remote Call adalah layanan yang memungkinkan teknisi LG mengakses smartphone dari jarak jauh untuk melakukan diagnosa. SmartWorld adalah toko online milik LG.
Prada 3.0 dibekali konektivitas lengkap, dari port USB mikro sampai WiFi. LG menambahkan SmartShare, yaitu fitur untuk berbagi konten dengan perangkat lain via WiFi. Ada pula NFC. Ini tak kompatibel dengan smartphone ber-NFC lainnya.
Hardware
Agar dapat bekerja dengan lancar, LG membekali Prada 3.0 dengan prosesor OMAP 1GHz dual- core berteknologi dual channel seperti pada LG Optimus 3D yang ditunjang pula dengan RAM sebesar 1G dan memori internal bebas 4GB sehingga memberikan kinerja yang tak mengecewakan.
LG juga menanamkan GPU PowerVRSGX540 sebagaimana pada Samsung Galaxy S pertama agar kualitas grafis yang dihasilkan semakin optimal.
Sementara untuk memastikan daya tahannya, LG membekali Prada 3.0 dengan baterai berkapasitas 1540 mAh. Dengan kapasitas sebesar itu, LG menjanjikan waktu siaga hingga 330 jam pada jaringan 3G serta waktu bicara hingga sekitar 4,5 jam.
Kamera dan Video
Posisi tombol kamera yang tak biasa – di atas pada posisi portrait atau di samping ketika posisi landscape – tampaknya malah memberi alternatif baru ketika mengambil gambar.
Misalnya ketika memegang bodi pada posisi landscape ke kiri; kita bisa pencet tombol kamera di kiri bodi sebagai alternatif pencet ikon kamera di kanan jendela. Atau kita bisa pencet tombol kamera di atas bodi sebagai alternatif pencet ikon kamera di sisi bawah jendela.
Setting foto maupun video cukup lengkap. Pada mode foto tersedia Focus (ada Face tracking), image size (maksimal 8M 3264×2448), Scene mode (hanya 4 opsi), ISO (maksimal 10 detik), dan lainnya. Jika Anda tidak puas dengan hasil foto Prada 3.0, Anda dapat mengedit hasilnya dengan menggunakan image editor yang telah tersedia secara default.
Sedangkan untuk perekaman video, kamera Prada 3.0 telah mampu menghasilkan gambar dengan resolusi Full HD1080p lengkap dengan mode setting seperti Video size (maksimal HD 1280×720), White balance, Audio recording, Auto review dan Storage. Oya, foto dan video di Gallery bisa di-upload ke media sosial maupun di-share ke perangkat lain.
Internet dan Konektivitas
LG prada 3Di Prada 3.0 Anda dapat menjelajah web dengan lancar berkat dukungan koneksi HSDPA yang sanggup mengantarkan data hingga kecepatan 14,4Mbps. Untuk koneksi nirkabel, tersedia portable hotspot untuk berbagi akses internet 3G ke perangkat lain via WiFi. Sedangkan bagi Anda yang tidak berlangganan paket data dapat juga memanfaatkan WiFi di area hotspot.
Performa browser bawaan Android yang ditanamkan didalamnya sangat baik dengan kemampuan membuka 8 jendela halaman sekaligus. Memutar video Youtube dan membuka situs dengan konten flash juga dapat Anda lakukan dengan lancar.
Sementara untuk keperluan transfer data, Anda dapat memanfaatkan bluetooth, kabel data, NFC atau DLNA. Sayang sekali meskipun dibanderol dengan harga premium, Prada 3.0 tidak dilengkapi dengan port HDMI.
Multimedia
Di sektor hiburan, Prada 3.0 dilengkapi dengan music player khas LG yang menggolongkan lagu yang disimpan dalam memori eksternal berdasarkan Songs, Album, Artists, Playlist, dan Folder. Suara yang dihasilkan oleh speaker Prada terdengar nyaring serta tidak pecah meski diatur pada posisi maksimal. Tapi untuk kualitas suara yang lebih oke, LG menyediakan pengaturan Equalizer yang hanya dapat diaktifkan ketika headset terhubung ke ponsel. Anda dapat memilih 21 pilihan nada yang sesuai dengan aliran musik yang sedang Anda dengarkan.
FM Radio baru berfungsi bila headphone tercolok di jack 3.5mm. Fiturnya pun simple, On/Off, Station list, dan Speaker/Wired headset.
Sementara untuk kemampuannya dalam memutar video, player bawaannya sanggup memainkan beragam format file video dengan resolusi full HD 1080p. Efek virtual sound  juga ditanamkan ke pemutar video.
Fitur Unggulan
Selain telah dijejali dengan aplikasi native Android, LG juga membenamkan Polaris Office yang memungkinkan Anda untuk membaca, mengedit dan membuat dokumen berformat doc, excel, pdf, serta powerpoint. Bagi Anda yang ingin membatasi pemakaian internet, dapat menggunakan Netword Data untuk mengatur besaran kuota maksimal internet yang dapat digunakan oleh Prada 3.0.
Sementara dengan NFC, Anda dapat berbagi kontak, URL, Memo, Pesan Teks, Panggilan dan Jadwal ke sesama ponsel berfitur NFC. Sedangkan aplikasi SmartShare dari LG memungkinkan Anda memainkan file multimedia dalam satu jaringan WiFi melalui koneksi DLNA.
Fitur lain yang cukup menarik adalah Social Plus yang menampilkan semua update status dari akun Facebook, Twitter dan MySpace langsung dari layar depan secara realtime.
Kesimpulan
Meski memposisikan diri sebagai ponsel fashion yang menyandang nama besar Prada sebagai produsen kerajinan kulit berkualitas dunia, Prada 3.0 nampaknya kurang lihai dalam menyuguhkan desain yang berkelas. Absennya casing kulit yang seharusnya menjadi ikon dari produk Prada itu sendiri ternyata sangat berpengaruh terhadap kesan elegan yang berusaha ditonjolkannya. Namun demikian, bagi Anda yang mendambakan ponsel dengan kinerja yang hebat serta kemampuan multimedia dan fotografi yang layak diacungi jempol, Prada 3.0 by LG pantas untuk Anda lirik.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More