Powered By Blogger
www.skinpacks.com

July 20, 2012

Menembus Batas Kamera Digital Melalui WiFi dan DLNA


kamera digital wifiDigital Camera adalah sebuah alat yang berfungsi untuk capture gambar atau merekam video agar dapat dilihat di lain waktu. Fungsi dasar sebuah kamera digital sebenarnya hampir sama semua, memerlukan sensor yang berfungsi untuk menggantikan rol film yang terdapat pada kamera analog. Namun perkembangan teknologi digital saat ini semakin luas dan hal ini juga berpengaruh dengan perkembangan kemampuan dari sebuah kamera digital. Dalam bahasan ini kita akan membicarakan tentang makin banyaknya fungsi WiFi pada kamera digital.
Kegunaan Wifi pada Kamera Digital
Yang dimaksud dengan WiFi adalah sebuah teknologi yang berfungsi untuk menghubungkan sebuah device dengan device lainnya tanpa menggunakan kabel (wireless) dan menggunakan gelombang radio pada frekuensi tertentu. Dengan terhubungnya beberapa alat secara wireless itu, maka dimungkinkan terjadinya transfer data antar alat tersebut. Jarak antar alat yang terhubung menggunakan WiFi bervariasi tergantung besarnya power dari pemancar dan penerima gelombang WiFi, umumnya antara 10 sampai 30 meter tanpa halangan dapat berkomunikasi dengan baik, semakin jauh jangkauan WiFi, maka akan semakin besar pula konsumsi power yang dibutuhkan sebagai tenaga.
Saat pertama WiFi mulai dikembangkan dalam dunia photography, ada vendor asesoris kamera yang jeli melihat peluang ini, yaitu dibuatnya sebuah memory card yang dapat mentransfer langsung hasil foto kita ke komputer yang sebelumnya sudah saling dikenalkan untuk komunikasi wireless, namun karena itu adalah 3th party hardware, membuat beberapa kamera tidak bisa compatible menggunakan teknologi ini.
Saat ini sudah mulai banyak digital camera yang menggunakan build-in WiFi sebagai media transfer dari kamera ke printer, kamera ke komputer, kamera ke kamera, atau bahkan kamera langsung ke internet. Jika kita melakukan pemotretan disebuah lokasi yang terdapat jaringan wireless lewat WiFi, maka hasil foto kita bisa langsung di transfer ke komputer tanpa media kabel atau tanpa melakukan copy file secara fisik dari memory card ke komputer. Ini tentunya sangat membantu kita mempercepat transfer foto tanpa mengganggu aktifitas pemotretan hanya untuk memindahkan data.
DLNA (Digital Living Network Alliance) adalah teknologi yang berkembang dari kemampuan dasar wireless untuk komunikasi antara berbagai peralatan elektronik, yang mempunyai fungsi sama yaitu untuk transfer data dengan mudah antar sesama gadget yang menggunakan DLNA. Teknologi ini juga sudah ditanamkan pada peralatan elektronik seperti kamera digital misalnya Sony, Canon, Samsung, dan berbagai brand lainnya. Overhead dari dikembangkannya teknologi wireless pada kamera digital tentunya adalah konsumsi baterai yang lebih banyak, namun ini akan dengan mudah diatasi oleh para pengguna.
Akhirnya teknologi yang semakin maju juga akan memperkaya feature dari sebuah kamera digital yang memberikan alternatif kemudahan buat pengguna dan photographer. Misalnya koneksi WiFi membuat kamera digital kita bisa terhubung langsung dengan internet untuk melakukan kegiatan transfer foto ke media sosial atau gallery online yang bisa seketika dinikmati oleh seluruh dunia dalam hitungan detik tanpa harus direpotkan dengan langkah manual untuk upload ke internet. Photographer yang ideal sudah seharusnya bisa selalu update teknologi baik dari sisi hardware ataupun kemampuan ilmu dan seni yang dapat dikembangkan dengan resource yang ada saat ini.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More