Powered By Blogger
www.skinpacks.com

May 5, 2012

Pilih Android atau BlackBerry

Dalam memilih smartphone untuk menunjang aktivitas keseharian, kita sering dihadapkan pada beragam pilihan yang tentu sangat memusingkan, terlebih dengan budget yang terbatas. Berbagai iming-iming produsen dengan trik-trik promosi yang kadang sangat berlebihan menjadikan kita sulit menentukan satu diantara puluhan atau bahkan ratusan barang di pasaran. Seperti halnya ketika kita akan menentukan antara smartphone BlackBerry dengan Android.

Memilih salah satu dari BlackBerry atau Android untuk menemani dan mempermudah aktivitas kita tentu sangat sulit jika kita tidak mengetahui seluk beluk tentang kedua jenis platform smartphone tersebut. Berikut saya berikan beberapa fakta tentang smartphone yang memakai sistem operasi tersebut sebagai landasan pertimbangan Anda dalam memilih salah satunya: 

BlackBerry

Dalam memilih hp bersistem BlackBerry, Anda harus mempertimbangkan aspek ini: 

Jaringan 
Di Indonesia, saat ini sudah tersedia BlackBerry dengan jaringan GSM maupun CDMA. Beda dengan BlackBerry berjaringan GSM, BlackBerry dengan sistem CDMA masih dipasarkan dalam bentuk inject dan bundling dengan operator tertentu sehingga tidak sefleksibel BB GSM. Dalam segi jaringan, BB GSM di negeri ini masih lebih unggul dibanding BB CDMA. 
Biaya Paket 
Harga Paket BlackBerry, khususnya yang Full Service, masih lumayan mahal untuk kantong rata-rata, terlebih untuk BB yang bekerja di jaringan CDMA. Jika hanya untuk mengaktifkan BBM serta Facebook dan Twitter, paket sosial sudah cukup, alias tidak perlu yang Full Service, yang tentu harganya berlipat-lipat. 
Fitur 
Fitur BlackBerry yang paling dominan hanyalah BBM, yang memungkinkan para pengguna untuk chatting, serta push-mail. Selebihnya, BB sama seperti HP biasa. 

Android

Dalam memilih smarthone bersistem Android, pertimbangkan aspek berikut: 

Jaringan 
Smartphone yang menggunakan sistem operasi Android semakin beragam di Indonesia, namun yang dapat bekerja di jaringan CDMA masih dapat dihitung dengan jari. Untuk itu, tentukan dulu jaringan mana yang akan Anda pakai sehingga dapat menetapkan langkah selanjutnya, Tentu Android smartphone yang bekerja di jaringan GSM jauh lebih banyak pilihannya. 
Merk 
Tidak seperti BlackBerry yang sistemnya tertutup, Android adalah platform terbuka sehingga hampir semua produsen, bahkan dari China sekalipun, bermain di platform ini dengan mengeluarkan aneka produk Androidnya. Carilah brand atau merk yang telah Anda percayaikehandalannya
Baterai 
Pada dasarnya Android bekerja optimal karena terkoneksi dengan internet. Dapat dikatakan bahwa internet adalah nyawa sebenarnya dari Android. Sebagai konsekuensinya, smartphone yang menggunakan sistem operasi ini cenderung sangat boros baterai, bahkan sampai 2 atau 3 kali cas tiap hari.

Sebenarnya, banyak sekali aspek-aspek yang perlu Anda pertimbangkan sebelum memilih smartphone sebagai alat untuk mempermudah aktivitaskeseharian. Namun jika Anda hanya ingin memiliki smartphone sekedar untuk gengsi, BlackBerry mungkin lebih tahan lama dalam hal prestise karena produsennya hanya satu sehingga update produknya pun lumayan jarang.

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More