Powered By Blogger
www.skinpacks.com

September 22, 2012

Pengenalan Awal Pascal

Bab ini akan membahas dasar-dasar pemrograman, khususnya menggunakan bahasa Pascal. Oleh karena itu, unduhlah terlebih dahulu kompilator Pascal yang umum digunakan, yaitu Free Pascal.
Sebagai perkenalan pertama dengan program Pascal, ketikanlah kode-kode berikut ini dalam berkas bernama 'pertamaku.pas'.
program pertamaku;
var
    kalimat : string;
begin
    readln(kalimat);
    writeln(kalimat);
end.
Program ini akan membaca satu baris teks masukan (dari standard input, yaitu keyboard) dan mencetak keluaran (ke standard output, yaitu layar monitor) yang persis sama dengan masukan.
Pada bagian awal, terdapat pernyataan program pertamaku; yang menandakan bahwa program ini bernama 'pertamaku'. Pernyataan ini bersifat opsional, yaitu boleh ada boleh tidak.
Selanjutnya, terdapat deklarasi yang menyebutkan digunakannya suatu variabel dengan nama kalimat. Deklarasi ditunjukkan dengan adanya notasi var. Baris-baris berikutnya setelah notasi var adalah tempat menuliskan deklarasi variabel-variabel, dalam format
<nama-variabel> : <tipe-variabel>;
Variabel adalah tempat menyimpan suatu nilai dalam program, dan selama berjalannya program, nilai itu dapat berubah-ubah. Setiap variabel dideklarasikan dengan menyebutkan tipe dari nilai yang dapat disimpannya. kalimat dideklarasikan sebagai variabel berjenis string, berarti kalimat dapat menyimpan string, yaitu rangkaian karakter, yang panjangnya maksimum 255 karakter.
Badan program dinyatakan dengan perintah begin dan diakhiri dengan perintah end., yaitu end dengan tanda titik. readln(kalimat) berfungsi untuk membaca satu baris string masukan dan hasil pembacaannya disimpan dalam variabel kalimat. Perintah writeln(kalimat) berguna untuk menuliskan isi variabel kalimat ke keluaran. Dalam program, setiap perintah diakhiri dengan tanda ; (titik koma).
Untuk menguji program Anda, bukalah penyunting teks (Notepad atau yang lainnya) lalu ketikan teks sesuka anda dalam satu baris dengan panjang tidak lebih dari 100 karakter. Simpanlah teks tersebut dalam berkas teks, misalnya dengan nama 'uji.txt'. Kompilasi program tersebut dengan Free Pascal menjadi 'bebek.exe', lalu jalankan perintah pada command prompt:
bebek < uji.txt
Jika program mengeluarkan keluaran yang sama dengan isi teks pada uji.txt, maka program Anda sudah berjalan dengan benar.
Selesailah program pertama Anda! Sebagai bonus, berkas ini adalah (salah satu) jawaban dari soal Program Pertamaku pada Bab 1A. Silakan coba mengumpulkannya. Ingat, yang dikumpulkan adalah berkas .pas-nya, bukan .exe-nya.
Sekali lagi, selamat berlatih!

source : tokilearning.org

0 komentar:

Post a Comment

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More