Powered By Blogger
www.skinpacks.com

August 27, 2012

Susunan Lembaga Negara Berdasar UUD 1945 Amandemen


Susunan lembaga-lembaga negara dalam sistem ketatanegaraan Indonesia telah dilakukan penyempurnaan sesuai dengan aspirasi rakyat, sehingga mengalami beberapa perubahan. Perubahan yang sangat jelas terlihat pada kedudukan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR). Sebelum UUD 1945 diamandemen, kedudukan MPR berada lebih tingggi dari lembaga-lembaga tinggi lainnnya. Namun, setelah UUD 1945 mengalami amandemen kedudukan MPR disejajarkan dengan lembaga-lembaga tinggi lainnnya, seperti DPR, MA, DPA, BPK, dan Presiden. Disamping itu juga dibentuk lembaga-lembaga tinggi negara lain. Lihat bagan di bawah ini! 

Lembaga-Lembaga Negara sesuai dengan
UUD 1945 Sebelum Amandemen

Lembaga-Lembaga Negara sesuai dengan
UUD 1945 Setelah Amandemen

Lembaga negara yang memegang kekuasaan menurut UUD 1945 hasil amandemen adalah MPR, DPR, presiden, MA, MK, dan BPK.

Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR)

Anggota MPR terdiri atas anggota DPR dan anggota DPD yang dipilih melalui pemilihan umum. Keanggotaan MPR diresmikan dengan keputusan presiden. Masa jabatan anggota MPR lima tahun dan berakhir bersamaan pada saat anggota MPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Sebelum memangku jabatannya, anggota MPR mengucapkan sumpah/janji bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna MPR.

Sebelum UUD 1945 diamandemen, MPR berkedudukan sebagai lembaga tertinggi negara. Namun, setelah UUD 1945 istilah lembaga tertinggi negara tidak ada yang ada hanya lembaga negara. Dengan demikian, sesuai dengan UUD 1945 yang telah diamandemen maka MPR termasuk lembaga negara. Sesuai dengan Pasal 3 Ayat 1 UUD 1945 MPR amandemen mempunyai tugas dan wewenang sebagai berikut:
  1. mengubah dan menetapkan undang-undang dasar;
  2. melantik presiden dan wakil presiden;
  3. memberhentikan presiden dan wakil presiden dalam masa jabatannya menurut undang-undang dasar.

MPR bersidang sedikitnya sekali dalam lima tahun di ibu kota negara. Dalam menjalankan tugas dan wewenangnya, anggota MPR mempunyai hak berikut ini:
  1. mengajukan usul perubahan pasal-pasal undang-undang dasar;
  2. menentukan sikap dan pilihan dalam pengambilan keputusan;
  3. memilih dan dipilih;
  4. membela diri;
  5. imunitas;
  6. protokoler;
  7. keuangan dan administratif.

Anggota MPR mempunyai kewajiban sebagai berikut:
  1. mengamalkan Pancasila;
  2. melaksanakan UUD 1945 dan peraturan perundang-undangan;
  3. menjaga keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia dan kerukunan nasional;
  4. mendahulukan kepentingan negara di atas kepentingan pribadi, kelompok, dan golongan;
  5. melaksanakan peranan sebagi wakil rakyat dan wakil daerah.

Dewan Perwakilan Rakyat (DPR)

DPR merupakan lembaga perwakilan rakyat yang berkedudukan sebagai lembaga negara. Anggota DPR berasal dari anggota partai politik peserta pemilu yang dipilih berdasarkan hasil pemilu. DPR berkedudukan di tingkat pusat, sedangkan yang berada di tingkat provinsi disebut DPRD provinsi dan yang berada di kabupaten/kota disebut DPRD kabupaten/kota. Berdasarkan UU Pemilu N0. 10 Tahun 2008 ditetapkan sebagai berikut:
  1. jumlah anggota DPR sebanyak 560 orang;
  2. jumlah anggota DPRD provinsi sekurang-kurangnya 35 orang dan sebanyak-banyak 100 orang;
  3. jumlah anggota DPRD kabupaten/kota sedikitnya 20 orang dan sebanyak-banyaknya 50 orang.

Keanggotaan DPR diresmikan dengan keputusan presiden. Anggota DPR berdomisili di ibu kota negara. Masa jabatan anggota DPR adalah lima tahun dan berakhir pada saat anggota DPR yang baru mengucapkan sumpah/janji. Sebelum memangku jabatannya, anggota DPR mengucapkan sumpah/ janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Mahkamah Agung dalam sidang paripurna DPR. Lembaga negara DPR mempunyai fungsi berikut ini:
  1. Fungsi Legislasi. Fungsi legislasi artinya DPR berfungsi sebagai lembaga pembuat undang-undang.
  2. Fungsi Anggaran. Fungsi anggaran artinya DPR berfungsi sebagai lembaga yang berhak untuk menetapkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN).
  3. Fungsi Pengawasan. Fungsi pengawasan artinya DPR sebagai lembaga yang melakukan pengawasan terhadap pemerintahan yang menjalankan undang-undang.

DPR sebagai lembaga negara mempunyai hak-hak, antara lain sebagai berikut.
  1. Hak Interpelasi. Hak interpelasi adalah hak DPR untuk meminta keterangan kepada pemerintah mengenai kebijakan pemerintah yang penting dan strategis serta berdampak luas bagi kehidupan masyarakat.
  2. Hak Angket. Hak angket adalah hak DPR untuk melakukan penyelidikan terhadap suatu kebijakan tertentu pemerintah yang diduga bertentangan dengan peraturan perundang-undangan.
  3. Hak Menyatakan Pendapat. Hak menyatakan pendapat adalah hak DR untuk menyatakan pendapat terhadap kebijakan pemerintah mengenai kejadian yang luar biasa yang terdapat di dalam negeri disertai dengan rekomendasi penyelesaiannya atau sebagai tindak lanjut pelaksanaan hak interpelasi dan hak angket. Untuk memudahkan tugas anggota DPR maka dibentuk komisi-komisi yang bekerja sama dengan pemerintah sebagai mitra kerja.

Dewan Perwakilan Daerah (DPD)

Dewan Perwakilan Daerah (DPD) merupakan lembaga negara baru yang sebelumnya tidak ada. DPD merupakan lembaga perwakilan daerah yang berkedudukan sebagai lembaga negara. DPD terdiri atas wakil-wakil dari provinsi yang dipilih melalui pemilihan umum.

Jumlah anggota DPD dari setiap provinsi tidak sama, tetapi ditetapkan sebanyak-banyaknya empat orang. Jumlah seluruh anggota DPD tidak lebih dari 1/3 jumlah anggota DPR. Keanggotaan DPD diresmikan dengan keputusan presiden. Anggota DPD berdomisili di daerah pemilihannya, tetapi selama bersidang bertempat tinggal di ibu kota Republik Indonesia. Masa jabatan anggota DPD adalah lima tahun. Sesuai dengan Pasal 22 D UUD 1945 maka kewenangan DPD, antara lain sebagai berikut:
  1. Dapat mengajukan rancangan undang-undang kepada DPR yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dengan daerah, pembentukan dan pemekaran, serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, perimbangan keuangan pusat dan daerah.
  2. Ikut merancang undang-undang yang berkaitan dengan otonomi daerah, hubungan pusat dengan daerah, pembentukan dan pemekaran, serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, perimbangan keuangan pusat dan daerah.
  3. Dapat memberi pertimbangan kepada DPR yang berkaitan dengan rancangan undang-undang, RAPBN, pajak, pendidikan, dan agama.
  4. Dapat melakukan pengawasan yang berkaitan dengan pelaksanaan undang-undang otonomi daerah, hubungan pusat dengan daerah, pembentukan dan pemekaran serta penggabungan daerah, pengelolaan sumber daya alam dan sumber daya ekonomi lainnya, perimbangan keuangan pusat dengan daerah, pajak, pendidikan, dan agama.

Presiden dan Wakil Presiden

Presiden adalah lembaga negara yang memegang kekuasaan eksekutif. Maksudnya, presiden mempunyai kekuasaan untuk menjalankan pemerintahan. Presiden mempunyai kedudukan sebagai kepala pemerintahan dan sekaligus sebagai kepala negara. Sebelum adanya amandemen UUD 1945, presiden dan wakil presiden dipilih oleh MPR, tetapi setelah amandemen UUD1945 presiden dan wakil presiden dipilih secara langsung oleh rakyat melalui pemilihan umum. Presiden dan wakil presiden memegang jabatan selama lima tahun dan sesudahnya dapat dipilih kembali hanya untuk satu kali masa jabatan.

Presiden dan wakil presiden sebelum menjalankan tugasnya bersumpah atau mengucapkan janji dan dilantik oleh ketua MPR dalam sidang MPR. Setelah dilantik, presiden dan wakil presiden menjalankan pemerintahan sesuai dengan program yang telah ditetapkan sendiri. Dalam menjalankan pemerintahan, presiden dan wakil presiden tidak boleh bertentangan dengan UUD 1945. Presiden dan wakil presiden menjalankan pemerintahan sesuai dengan tujuan negara yang tercantum dalam Pembukaan UUD 1945.

Mahkamah Agung (MA)

Mahkamah Agung merupakan lembaga negara yang memegang kekuasaan kehakiman. Kekuasaan kehakiman merupakan kekuasaan yang merdeka untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Mahkamah Agung adalah pengadilan tertinggi di negara kita. Perlu diketahui bahwa peradilan di Indonesia dapat dibedakan peradilan umum, peradilan agama, peradilan militer, dan peradilan tata usaha negara (PTUN). Kewajiban dan wewenang Mahkamah Agung, antara lain sebagai berikut:
  1. berwenang mengadili pada tingkat kasasi, menguji peraturan perundangundangan di bawah undang-undang terhadap undang-undang, dan mempunyai wewenang lainnya yang diberikan oleh undang-undang;
  2. mengajukan tiga orang anggota hakim konstitusi;
  3. memberikan pertimbangan dalam hal presiden memberi grasi dan rehabilitasi.

Mahkamah Konstitusi (MK)

Mahkamah Konstitusi adalah lembaga baru setelah adanya perubahan UUD 1945. Mahkamah Konstitusi merupakan salah satu lembaga negara yang melakukan kekuasaan kehakiman untuk menyelenggarakan peradilan guna menegakkan hukum dan keadilan. Mahkamah Konstitusi berkedudukan di ibu kota negara.

Mahkamah Konstitusi mempunyai sembilan orang anggota hakim kontitusi yang ditetapkan dengan keputusan presiden. Susunan Mahkamah Konstitusi terdiri atas seorang ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota dan tujuh orang anggota hakim konstitusi. Ketua dan wakil ketua dipilih dari dan oleh hakim konstitusi untuk masa jabatan selama tiga tahun. Hakim konstitusi adalah pejabat negara. Sesuai dengan Pasal 24 C UUD 1945 maka wewenang dan kewajiban Mahkamah Konstitusi, antara lain sebagai berikut:
  1. mengadili pada tingkat pertama dan terakhir yang putusannya bersifat final untuk menguji undang-undang terhadap UUD;
  2. memutuskan sengketa kewenangan lembaga negara yang kewenangannya diberikan oleh UUD;
  3. memutuskan pembubaran partai politik;
  4. memutus perselisihan tentang hasil pemilihan umum;
  5. wajib memberikan putusan atas pendapat DPR mengenai dugaan pelanggaran oleh Presiden dan Wakil Presiden Republik Indonesia menurut UUD.

Komisi Yudisial (KY)

Komisi Yudisial adalah lembaga negara yang mempunyai wewenang berikut ini:
a. mengusulkan pengangkatan hakim agung;
b. menjaga dan menegakkan kehormatan, keluhuran martabat, serta perilaku hakim.

Anggota Komisi Yudisial harus mempunyai pengetahuan dan pengalaman di bidang hukum serta memiliki integritas dan kepribadian yang tidak tercela. Anggota Komisi Yudisial diangkat dan diberhentikan oleh presiden dengan persetujuan DPR. Anggota Komisi Yudisial terdiri atas seorang ketua merangkap anggota, seorang wakil ketua merangkap anggota, dan tujuh orang anggota. Masa jabatan anggota Komisi Yudisial lima tahun.

Badan Pemeriksa Keuangan (BPK)

Kedudukan BPK sejajar dengan lembaga negara lainnya. Untuk memeriksa pengelolaan dan tanggung jawab keuangan negara diadakan satu Badan Pemeriksan Keuangan yang bebas dan mandiri. Jadi, tugas BPK adalah memeriksa pengelolaan keuangan negara.

Hasil pemeriksaan BPK diserahkan kepada DPR, DPD, dan DPRD sesuai dengan kewenangannya. Berdasarkan UUD 1945 Pasal 23 F maka anggota BPK dipilih oleh DPR dengan memperhatikan pertimbangan DPD dan diresmikan oleh presiden. BPK berkedudukan di ibu kota negara dan memiliki perwakilan di setiap provinsi. Demikian, semoga bermanfaat.

36 comments:

  1. đồng tâm
    game mu
    cho thuê nhà trọ
    cho thuê phòng trọ
    nhac san cuc manh
    số điện thoại tư vấn pháp luật miễn phí
    văn phòng luật
    tổng đài tư vấn pháp luật
    dịch vụ thành lập công ty trọn gói

    “Ngươi không phải ta! Ngươi không thể biết cảm giác của ta!” Thiết Bổ Thiên cắn răng nói, “Tuy rằng thống khổ, nhưng chỉ cần còn có một hơi, còn có hy vọng! Tuy rằng hy vọng thực xa vời, thậm chí thực buồn cười, nhưng hy vọng tồn tại! Ta cũng cảm thấy, mỗi một ngày đều là tràn ngập hy vọng!”

    “Một vạn bảy nghìn năm trước, đương nhiên là lúc ăn tươi nuốt sống, đế quốc đời thứ nhất Thần Dụ đế quốc hoàng đế lúc sinh mệnh bị đe dọa, tất cả các thần y đều nói không thể cứu chữa nữa, nhưng đến phút cuối lại xuất hiện một vị dị nhân, một viên cửu trọng đan, liền làm vị hoàng đế bệ hạ kia tức khắc khôi phục! Vị bệ hạ kia có thể nói là bệnh tình còn nặng hơn cả Phụ hoàng của ta” Thiết Bổ Thiên duỗi tay ra bắt lấy vạt áo Sở Dương, xé lòng nói: “Ông ta là Hoàng đế, Phụ hoàng ta cũng là hoàng đế! Nhưng Phụ hoàng ta tại sao lại không có người đưa đến cửu trọng đan? Vì sao?”

    “Cửu trọng đan?” Sở Dương chỉ cảm thấy trong lòng mình như bị đại chùy giã một cái thật mạnh!

    “Không sai! Chính là cửu trọng đan! Chuyện này, vẫn bị vùi lấp chân tướng, mãi vẫn không có ai dám đứng ra nói, trong điển tích của hoàng gia ghi lại chỉ ghi chép rất sơ sài, nhưng chính là vì Hoàng gia ghi lại nên chắc chắn không thể sai được” Thiết Bổ Thiên ngửa mặt lên trời giận giữ: “Tại sao đến lượt Phụ hoàng ta lại không có?”

    Sở Dương không nói gì!

    Hắn vạn lần cũng không thể ngờ lại có loại chuyện như vậy!

    Cửu trọng đan quả nhiên đã từng xuất hiện một vạn bảy ngàn năm trước. Như vậy có thể nói, một vạn bảy ngàn năm trước đã từng có một vị Cửu kiếp kiếm chủ! Chỉ có Cửu kiếp kiếm chủ mới có thể lấy được Cửu trọng đan.

    ReplyDelete
  2. Penempatan urutan tabelnya ndak salah min?

    ReplyDelete
  3. BPK itu legislatif/ yudikatif/ eksekutif?

    ReplyDelete
  4. BPK itu legislatif/ yudikatif/ eksekutif?

    ReplyDelete
  5. Great post! I am actually getting ready to across this information, It’s very helpful for this blog.Also great with all of the valuable information.
    SAP ABAP Training institute

    SAP Basis Training institute

    SAP CS Training institute


    ReplyDelete
  6. Within the next step, you can find information through the last service provider. Keeping these records in your records will likely be quite advantageous to keep your account along side information with regards to federal along with state QuickBooks Payroll Support Phone Number

    ReplyDelete
  7. QuickBooks, a credit card applicatoin solution that'll be developed this kind of a way that one can manage payroll, inventory, sales and each other need of small businesses. Each QuickBooks Enterprise Tech Support Number

    ReplyDelete
  8. knowledgeable and spontaneous. Without taking most of your time, our team QuickBooks Support Phone Number rid of most unavoidable errors for this software.

    ReplyDelete
  9. For such kind of information, be always in contact with us through our blogs. To locate the reliable way to obtain assist to create customer checklist in QB desktop, QuickBooks online and intuit online payroll? Our QuickBooks Payroll Tech Support Number service may help you better.

    ReplyDelete
  10. No matter if you're getting performance errors or you are facing any kind of trouble to upgrade your software to its latest version, you can quickly get assistance with QuickBooks Technical Support Number. Every time you dial QuickBooks 2018 technical support phone number, your queries get instantly solved.

    ReplyDelete
  11. How to contact QuickBooks Payroll support?
    Different styles of queries or QuickBooks related issue, then you're way in the right direction. You simply give single ring at our toll-free intuit QuickBooks Desktop Payroll Support Phone Number . we are going to help you right solution according to your issue. We work on the internet and can get rid of the technical problems via remote access not only is it soon seeing that problem occurs we shall fix the same.

    ReplyDelete
  12. To experience an amount of expertise in payroll management through QuickBooks, all of us tries to boost your understanding of the payroll updates occurring in QuickBooks Support, desktop, pro, premier 2019 versions. Intuit Payroll Online exports all the transactions to QuickBooks Desktop App along with QuickBooks Payroll Service Phone Number as standalone software.

    ReplyDelete
  13. Because this software is becoming a catalyst to apply more sophisticated tools and equipment with all the improvement in accounting software technology. Thus, it’s natural to tackle each one of these tech glitches with the best accounting software. You can easily troubleshoot QuickBooks errors with the Intuit QuickBooks support by dialing our QuickBooks EnterprIse Technical Support Number.

    ReplyDelete
  14. Are you currently encountering issues in running of QuickBooks Premier? We urge one to not ever have problems with losses brought on by longer downtime of your respective QB Premier. Simply get in touch with us at our website . and today we will pro-actively resolve all the errors and issues faced by you in your form of QuickBooks Support Phone Number.

    ReplyDelete
  15. QuickBooks Enterprise Official support though the delay in resolution could be due to remaining in long wait in IVR’s may end up in monetary loss and business loss. Only at QuickBooks Enterprise Tech Support Number . User get directly linked to expert certified Technicians to have instant fix for his or her accounting or technical issues.

    ReplyDelete

  16. QuickBooks has been recognised around the globe as the most effective and useful accounting software. QuickBooks Support Phone Number executives that really work with you on QuickBooks Support contact number are responsible to manage every Quickbook technical issue that creates in QuickBooks software.

    ReplyDelete
  17. QuickBooks Tech Support Number – The core strength of each business, be it a start-up or the biggest Multi-national firms is its accounting and management. it’s looked at to be one among the foremost tedious and tough tasks to manage the Payroll of the workers, making Invoices chase sales.

    ReplyDelete
  18. QuickBooks Updates QuickBooks updates are important for the smooth running of software. Updates constantly come with fixes, patches, and bugs. When you are experiencing any type of issues into the installing of the newest QuickBooks updates? Then easily contact our QuickBooks Technical Support Number

    ReplyDelete
  19. QuickBooks Tech Support Number has made scores of internet marketers to get into and sort using their overall financial expenses, manage their accounts swiftly and derive proper plan for future business purposes.

    ReplyDelete
  20. QuickBooks Tech Support Number offers an extensive financial solution, where it keeps your entire business accounting requirements in one single place. From estimates to bank transfers, invoicing to tracking your expenses and staying on top of bookkeeping with regards to tax time, it really is prepared for many from it at one go. A total package to create you clear of Financial accounting and back office worries any time to make sure you concentrate on your own expert area and yield potential development in business.

    ReplyDelete
  21. QuickBooks Enterprise Support telephone number assists anyone to overcome all bugs from the enterprise types of the applying form. Enterprise support team members remain available 24×7 your should buy facility of best services.

    ReplyDelete
  22. Search towards the chart of accounts is simple to manage with added search bar right within the chart of accounts. For better information, you can call at QuickBooks Enterprise Phone Support.

    ReplyDelete
  23. Why don't we show you in partitioning most of the QuickBooks errors by dialing the QuickBooks Phone Number and QuickBooks customer Support Number for any technical problem that you’re facing whereas victimization the code. Your final decision is used in a team of QuickBooks specialists WHO square measure extremely skillful and also have many years of expertise.

    ReplyDelete
  24. QuickBooks Payroll Tech Support Phone Number deductions and year-end tax filings can be daunting and consume most of your productive time. To help you save the trouble of manually creating payroll and filing tax, Intuit, Inc.

    ReplyDelete
  25. QuickBooks Support Number troubleshooting team can help you in eradicating the errors which will pop-up very often. There clearly was common problems that are encountered on daily basis by QuickBooks users.

    ReplyDelete
  26. QuickBooks Support Phone Number Services provide approaches to your entire QuickBooks problem and also assists in identifying the errors with QuickBooks data files and diagnose them thoroughly before resolving these issues.

    ReplyDelete
  27. QuickBooks Support Phone Number professionals are terribly dedicated and might solve your entire issues minus the fuss. If you call, you might be greeted by our client service representative when taking all your concern he/she will transfer your preference in to the involved department.

    ReplyDelete
  28. If you want more information you can get touch with trained experts via Quickbooks Desktop support Customer services. This software has made it popular among its users. If you need help customer care to learn customization of invoice or add a bonus to the invoice. If you would like to learn how to Fix QuickBooks Error 9999, you can continue reading this blog.

    ReplyDelete

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More